Posted in:
By Click : Free Entertainment and News. 1 komentar

Materi Teknologi Transaksi Online | Download Materi Kuliah Teknik Informatika/Ilmu Komputer


Teknologi Transaksi Online

Adalah  Teknologi  Pembayaran  suatu  barang  atau  jasa  yang  dapat  dibayarkan melalui  internet  yang  bersifat  online.Dalam  pembayaran  transaksi  online  mempunyai beberapa teknologi yang dapat pakai oleh para pengguna transaksi online.
Adapun macam-macam teknologi transaksi online yang salah satunya yaitu : A.  Web Online
B.  Payment



A. Web Online

Web  online  adalah  suatu  bentuk  situs  yang  bersifat  online  yang  dapat  digunakan sebagai transaksi online.Menurut fakta yang kami dapat dari internet yaitu sebagai berikut,

Gambar 3.1. Contoh Web



Perusahaan pencipta browser Opera, Opera  Software ASA, Rabu (09/07) lalu, telah merilis  rencana  pembelajaran  online  yang  gratisuntuk  meningkatkan  pengetahuan  siswa dan    professional    pengembang    web    yang    berkunjung    ke    situs    mereka
(http://www.opera.com/wsc/), untuk membuat standard website.




     53


internet-intranet




Opera Software ASA mewujudkan rencana tersebut dalam usaha untuk melakukan

pendidikan dalam pembuatan web standard dan training dalam sekolah sekunder, college, universitas  dan  bisnis.  Untuk  itu,  Opera  telah  membuat  kurikulum  Standard  Web  online, yang    menyediakan    detail    informasi    dan    pelajaran    mengenai    desain    web    serta pengembangannya   menggunakan   coding   program   standard.   Menurut   Thomas   Ford, manager komunikasi Opera Software ASA yang berlokasi di Oslo, mengungkapkan bahwa kurikulum atau rencana pembelajaran online tersebut sejauh ini memiliki 23 artikel, dengan lebih dari 30 pengunjung unik datang setiap harinya.
“Kurikulum  ini  dapat  digunakan  untuk  standard  mengajar  desain  web,  karena selama ini kami melihat banyak material yang ada sudah kadaluarsa atau kurang lengkap. Oleh karena itu, kami ingin sesuatu  yang mudah untuk dipahami.”, kata Ford. Siapa saja dapat  menggunakan  material  kelas  web  desain  iini  secara  gratis  selama  mereka  tidak menjual kembali material tersebut.
Menurut   Opera,   artikel   dalam   kurikulum   online   standard   web   ditulis   oleh pengembang   web   yang   telah   berpengalaman   dan   juga   ahlinya,   termasuk   Christian Heilmann  dan  Mark  Norman  "Norm"  Francis  dari  Yahoo  Inc.,  Peter-Paul  Koch  dari Quirksmode.org,   Jonathan   Lane,   Linda   Goin,   Paul   Haine,   Roger   Johansson   dari 456bereastreet, dan Jen Hanen. Opera Software ASA mengharapkan, dengan adanya artikel mereka,   maka   dapat   membuat   komunitas   baru   yang   akan   membantu   promosi   dari kurikulum online ini.
Selain kursus online yag gratis, browser Opera juga dapat didownload gratis dalam situs  Opera.  Menurut  vendor  analisis  statistic  web,  OneStat.com,  terdapat  sekitar  0,55% user  yang  menggunakan  broser  Opera,  dengan  hasil  83,27%  untuk  IE,  13,76%  untuk Firefox, dan 2,18% untuk Safari.
Dalam  melakukan  kegiatan  transaksi  online  harus  berhati  dalam  melakukannya karena  banyak  kejahatan  yang  mengintai  saat  atau  dalam  melakukan  keiatan  transaksi online.  Menurut  salah  satu    pendapat  dari  pusat  informasi  bisnis  online  yaitu  Di  dalam dunia maya, Indonesia sudah bertahun-tahun terkenal sebagai gudangnya para carder atau orang-orang  yang  menggunakan  kartu  kredit  orang  lain  untuk  bertransaksi  di  internet. Tidak  heran,  Indonesia  pernah  memperoleh  peringkat  ke-2  setelah  Ukraina  dalam  hal

     54


internet-intranet


kejahatan kartu kredit terbanyak di dunia. Hal ini menyebabkan tertutupnya peluang bagi

orang-orang  Indonesia  untuk  menggunakan  kartu  kreditnya  dalam  melakukan  transaksi online di Internet.
Bahkan beberapa toko online di Indonesia  yang memberikan fasilitas pembayaran

melalui  kartu  kredit  juga  terkena  getahnya.  Selain  tidak  ada  lagi  akses  kartu  kredit  yang berasal  dari  konsumen  lokal,  toko  tersebut  juga  tidak  dapat  lagi  menerima  pembayaran kartu   kredit   dari   negara   manapun.   Karena   penyedia   gerbang   pembayaran   tersebut memasukkan Indonesia ke dalam daftar hitam transaksi keuangannya.
Alhasil  mekanisme  pembayaran  di  beberapa  toko  online  kembali  pada  cara-cara konvensional,  yaitu  melalui  ATM,  pembayaran  tunai,  atau  pengiriman  uang  melalui  jasa kurir. Tidak adanya lagi media untuk pembayaran kartu kredit di situs onlinenya, membuat pembeli  enggan  melakukan  transaksi  bisnis.  Pembeli  luar  negeri  lebih  menginginkan transaksi yang mudah dan aman.
Tentunya  kejadian  tersebut  sempat  menjadi  pukulan  bagi  orang-orang  yang  aktif

melebarkan  sayap  bisnisnya  di  internet.  Peluang-peluang  yang  lebih  besar  bagi  ekonomi bangsa  ini  juga  ikut  lenyap  oleh  tindakan-tindakan  sesaat  yang  tidak  memikirkan  efek jangka  panjangnya.  Selain  itu,  bagi  orang  awam  tercipta  satu  pandangan  bahwa  internet tidak menjamin keamanan transaksi.


Dua Kunci

Dengan teknologi SET atau Secure Electronic Transaction yang dibuat oleh VISA dan  MasterCard,  data  kartu  kredit  tidak  dapat  dibaca  oleh  sembarang  orang  pada  saat melakukan   transaksi.   Untuk   membaca   dan   mengartikan   informasi   tersebut,   sesorang membutuhkan dua kunci yang dimiliki oleh pemegang kartu dan pihak bank atau institusi yang mengeluarkan kartu kredit.
Tanpa  kedua  kunci  tersebut,  data  yang  telah  di-enkripsi  tidak  dapat  dimengerti. Meskipun  penjual  atau  toko  online  tersebut  dapat  menerima  pembayaran  melalui  kartu kredit, nomor kartu kredit pembeli tidak dapat dilihat oleh penjual karena nomor tersebut langsung dikirim kepada penerbitnya untuk verfikasi dan penagihan.






     55


internet-intranet




Selain itu, masih terdapat protokol SSL/TLS (Secure Socket Layer/Transport Layer

Security) yang akan mengamankan saluran komunikasi dari pembeli ke penjual. Data yang dikirim melalui protokol ini akan di-enkripsi sehingga tidak mudah bagi seseorang untuk membacanya  meskipun  berhasil  mengambil  data  tersebut  pada  saat  transaksi.  URL  yang membutuhkan koneksi SSL/TLS biasanya dimulai dengan https: sebagai ganti http.
Sehingga  cukup  jelas  bahwa  dari  sisi  teknologi  yang  telah  disediakan,  transaksi

melalui  internet  cukup  mampu  mengamankan  data  di  sisi  pembeli  dan  penjual.  Dengan adanya protokol yang telah disebutkan di atas, sangat sulit mencuri dan membaca data kartu kredit pada saat Anda melakukan transaksi di internet. Data transaksi yang diterjemahkan dalam bentuk kode-kode khusus sangat sulit untuk ditembus.


Menghindari Kejahatan

Pencurian nomor dan identitas kartu kredit yang dilakukan oleh para carder rata-rata justru menggunakan cara-cara konvensional, yaitu dengan mencatat kartu kredit secara fisik pada   saat   diserahkan   oleh   pemiliknya,   mencari   arsip-arsip   transaksi   kartu   kredit   di tumpukan sampah toko atau rumah Anda, atau berasal dari sampah kartu kredit yang telah kadaluwarsa.
Sehingga untuk menghindari kejahatan tersebut, jangan biarkan orang lain mencatat

data   fisik   kartu   kredit   Anda.   Kartu   kredit   hanya   bisa   digesek   di   mesin   bank   atas sepengetahuan Anda. Jika bank penerbit kartu kredit menyediakan kartu kredit lokal, lebih baik gunakan kartu kredit lokal untuk bertransaksi. Kartu kredit lokal rata-rata tidak bisa digunakan untuk bertransaksi di internet.
Selain itu, jangan pernah membuang struk transaksi pembayaran kartu kredit tanpa

menghancurkannya.  Begitu  pula  dengan  kartu  kredit  yang  sudah  kadaluwarsa.  Jangan gunakan untuk gantungan kunci atau membuangnya di tempat sampah begitu saja. Pastikan kartu  kredit  yang  sudah  kadaluwarsa  tidak  lagi  dapat  terbaca  ketika  membuangnya  ke tempat sampah.
Namun jika Anda terkena kejahatan ini, segera ajukan klaim kepada bank penerbit kartu kredit. Akan lebih baik pengajuan klaim dilakukan sebelum tagihan dibayarkan. Hal
ini akan mempermudah Anda dan bank penerbit untuk menyelesaikan permasalahan yang




     56


internet-intranet




terjadi. Saat ini sebagian besar bank yang ada di Indonesia sudah mempunyai pemahaman

yang lebih baik dalam menyikapi kejahatan transaksi seperti ini.



Yang Perlu Dipersiapkan

Dengan  adanya  ilustrasi  teknologi  keamanan  transaksi  di  internet  sebelumnya, tentunya tidak perlu ada kekhawatiran terhadap keamanan transaksi di internet. Setiap saat Anda    bisa    memulai    membuka    usaha    secara    online.    Apabila    berminat    untuk mengembangkan  bisnisnya  melalui  internet,  beberapa  hal  yang  perlu  dipersiapkan  antara lain situs web atau Blog untuk menampilkan informasi produk.
Terdapat    beberapa    aplikasi    web    instan    yang    gratis    seperti    OSCommerce

(www.oscommerce.com)   atau   Joomla   (www.joomla.org)   ditambah   dengan   dukungan VirtueMart   (virtuemart.net),   yang   dapat   mempersiapkan   toko   online   tanpa   proses pengembangan yang panjang.
Selain  itu,  Anda  juga  harus  menentukan  metode  pembayaran,  baik  menggunakan

kartu kredit, pembayaran tunai pada saat barang diterima, ataupun transfer melalui rekening Bank.  Jika  Anda  menghendaki  untuk  menyediakan  fasilitas  pembayaran  kartu  kredit melalui    internet,    maka    gerbang    pembayaran    seperti    paypal.com,    ikobo.com,
2checkout.com,   e-gold.com,   dan   pay.indo.com   dapat   dipertimbangkan   untuk   dicoba.

Masing-masing  menerapkan  potongan  biaya  berbeda-beda  untuk  setiap  transaksi  yang dapat dibandingkan-bandingkan sebelum dipilih.
Apabila konsumen telah memesan dan melakukan pembayaran, fokus  yang cukup

penting  adalah  prosedur  pengiriman.  Ketepatan  waktu  dan  kualitas  barang  yang  dikirim akan menentukan seseorang pembeli akan melakukan pembelian kembali atau tidak pernah lagi kembali.
Perlunya strategi penjualan yang berbeda dengan penjualan tanpa melalui internet.

Penggunaan  internet  seringkali  dapat  memangkas  beberapa  biaya  yang  diakibatkan  oleh banyaknya  media  distribusi.  Sebagai  contoh,  secara  normal  salah  sebuah  penerbit  buku harus  menyediakan  30%  harga  jualnya  untuk  distributor.  Namun  karena  pembeli  dapat langsung  memesan  melalui  website  penerbit,  maka  terdapat  sebagian  keuntungan  yang






     57


internet-intranet




dipersiapkan untuk tambahan diskon ataupun hadiah. Selain itu, promosi melalui media lain

juga tetap perlu diperhatikan.



B. Payment

Payment  adalah  Pembayaran  transaksi  dengan  memanfaatkan  media  ekeltronik seperti  internet.  Untuk  melakukan  kegiatan  transaksi  online  juga  dapat  menggunakan teknologi payment tersebut.
Banyak  pertanyaan  tentang bagaimana  cara  menerima  pembayaran  kartu  kredit  di

Internet.  Artinya  ketika  kita  menjual  barang  di  Internet,  bagaimana  sang  pembeli  barang kita (customer) dapat mengirimkan pembayaran kita, baik menggunakan kartu kredit (credit card)  maupun  alat  pembayaran  yang  lain.  Selain  bekerjasama  langsung  dengan  Bank
(acquirer) untuk bisa mencharge kartu kredit pelanggan, kita juga bisa menggunakan third

party company  yang memiliki  layanan  untuk  mencharge  kartu  kredit.  Layanan  ini  sering disebut  dengan  Payment  Gateway.  Saya  coba  rangkumkan  tips  dan  triknya,  termasuk payment gateway mana yang bisa diterapkan untuk bisnis berbasis Internet (ecommerce) di Indonesia.
Teknik  menarik  kartu  kredit  langsung  dari  pembeli  (tanpa  perusahaan  payment gateway) secara prinsip bisa dilakukan, tapi secara praktek sulit dilakukan. Yang pertama bahwa  memerlukan  biaya  besar  dan  waktu  yang  lama  untuk  mengurus  permohonan menjadi merchant di bank acquirer. Yang kedua resiko terlalu besar, baik dipihak pembeli
(trust) maupun penjual (carding fraud). Jadi kesimpulannya untuk bisnis skala kecil, teknik

ini  tidak  dianjurkan.  Dengan  bahasa  lain,  silakan  gunakan  payment  gateway  yang  sesuai dengan model bisnis kita.
Di  dunia  ini sangat  banyak  perusahaan  payment  gateway,  sayangnya  sedikit  yang mendukung   kartu   kredit   Indonesia,   baik   sebagai   pembeli   maupun   sebagai   penjual
(merchant).  Saya   akan   menjelaskan  tentang  beberapa  Payment  Gateway  ini,  dengan harapan   bahwa   para   pebisnis   Internet   di   Indonesia   bisa   mulai   memikirkan   untuk menyediakan layanan pembayaran melalui kartukredit.


1.   PAYPAL.COM




     58


internet-intranet




Mungkin  saat  ini  PayPal  adalah  payment  gateway  yang  paling  populer  di  dunia.

Proses registrasi cepat dan tidak perlu membuat program yang sulit untuk menghubungkan barang yang dijual ke pemrosesan paypal. Asal ada form html yang berisi nama dan harga barang  (bisa  generate  otomatis  dari  PayPal),  PayPal  akan  memproses  secara  otomatis termasuk menyediakan shopping cartnya. Tampilan juga bisa diatur sesuai dengan tampilan situs jualan kita. Yang menarik lagi, tidak ada biaya setup, bulanan, maintenance, sehingga costnya cukup rendah (bahkan kita akan mendapatkan bonus 5 USD pada saat pendaftaran). Biaya hanya akan dipungut pada saat transaksi. Sayangnya PayPal tidak mendukung credit card  dari  Indonesia  Saya  menggunakan  kartu  kredit  saya  di  Jepang  untuk  registrasi  dan mendaftar  menjadi penjual (merchant) di PayPal, dan sampai sekarang masih aktif untuk beberapa bisnis saya di Internet


2.   CHECKOUT.COM

Memiliki fitur yang selevel dengan PayPal (bahkan mungkin lebih baik), dan saat ini boleh  dikatakan  popularitasnya  semakin  menanjak  tinggi.  Menerima  pembayaran  dengan berbagai  jenis  kartu  kartu  kredit  (Visa,  MasterCard,  Amex,  JCB,  Discover,  dsb).  Untuk mendaftarkan  diri  sebagai  penjual,  dipungut  biaya  49  USD.  Total  fee  setiap  transaksi adalah  0,45  USD  dan  5,5%  dari  nilai  transaksi.  Yang  menarik  2checkout.com  bisa digunakan oleh kartu kredit Indonesia


3.   IKOBO.COM.

Melayani   pengiriman   dan   penerimaan   uang   dengan   kartu   kredit   secara   online. Prosesnya  sederhana,  apabila  ada  yang  melakukan  pembayaran  ke  kita,  maka  kita  akan mendapatkan   i-Kard   (kartu   visa   debit),   dengan   kartu   i-Kard   inilah   kita   mencairkan uangnya.  Sepertinya  ikobo.com  tidak  menyediakan  shopping  cart  dan  fitur-fitur  lain berhubungan  dengan  ecommerce  yang  kita  bisa  embed  di  situs  jualan  kita.  Indonesia termasuk  negara  yang  didukung.  Salah  satu  kekurangannya  adalah  masalah  total  fee transaksi  yang  cukup  besar.  Pertama  biaya  transaksi  adalah  5  USD  +  3%  dari  transaksi. Kemudian  kita  akan  kena  charge  pengiriman  i-Kard  sebesar  9,95  USD  (kecuali  sudah memiliki  i-Kard  sebelumnya).  Dan  yang  terakhir  adalah  biaya  penarikan  dana  melalui




     59


internet-intranet




ATM   (1,9   USD)   dan   biaya   maintenance   sebesar   0.9   USD.   FAQ   cukup   lengkap

menjelaskan semua masalah di ikobo.com



4.   IPAYMENTINC.COM

Tidak sepopuler PayPal dan 2checkout, dan registrasinya cukup rumit. Tapi yang pasti memberi  layanan  pemrosesan  kartu  kredit  dan  secure  payment  gateway.  Pendaftaran  dan perubahan  account  menggunakan  cara  manual,  kemungkinan  untuk  menghindari  adanya fraud.  Tidak  sepopuler  PayPal  dan  2checkout,  dan  registrasinya  cukup  rumit.  Tapi  yang pasti memberi layanan pemrosesan kartu kredit dan secure payment gateway. Pendaftaran dan  perubahan  account  menggunakan  cara  manual,  kemungkinan  untuk  menghindari adanya fraud.


5.   AUTHORIZE.NET

Menyediakan fitur untuk menerima pembayaran kartu kredit dan juga check elektronik. Proses untuk pendaftaran sebagai penjual agak rumit, karena pendaftaran tidak langsung ke authorize.net  melainkan  ke  agen  perwakilan  yang  ditunjuk.  Setiap  agen  memiliki  fitur layanan  bervariasi  dan  kita  tinggal  memilih  mana  yang  sesuai  dengan  model  bisnis  kita. Setelah  memiliki  account  dari  agen  perwakilan,  selanjutnya  kita  memproses  pendaftaran payment  gateway  account  dari  authorize.net.  Account  inilah  yang  kita  gunakan  pada module  transaksi  pembayaran  di  situs  jualan  kita.  Authorize.net  sepertinya  kurang  cocok untuk perusahaan atau bisnis sekala kecil.


6.   PAY.INDO.COM

Payment gateway Indonesia Belum ada registrasi penjual secara online dan sepertinya kita yang tertarik diminta untuk mengirimkan form inquiry. Silakan dicoba atau bisa juga menanyakan langsung ke kontak


7.   NOCHEX.COM.

Sedikit  berbeda  dengan  layanan  payment  gateway  diatas,  NOCHEX  memiliki  fitur transaksi  pembayaran  dengan  mendebit  rekening  bank  pembeli  dengan  surat  elektronik




     60


internet-intranet




NOCHEX. Sayangnya  layanan NOCHEX terbatas di perbankan Amerika. Kalaupun mau

nekat menggunakan, mungkin dengan meminjam rekening teman di Amerika



8.   E-GOLD.COM.

Meskipun  juga  sama-sama  menyediakan  fitur  payment  gateway,  tapi  e-gold  memiliki konsep yang sedikit berbeda. e-gold menggunakan standard nilai berdasarkan harga emas murni 100% yang berlaku di dunia dan ini yang direpresentasikan dalam bentuk rekening tabungan   e-gold.   Kita   bisa   mencoba   langsung   membuka   rekening   e-gold,   karena pendaftarannya  bersifat  gratis.  Proses  pengisian  tabungan  di  rekening  adalah  dengan mengirimkan  uang  rupiah  kepada  pedagang  e-gold  (Indonesia  juga  ada),  dan  kemudian nominal  yang kita bayarkan akan muncul di account tabungan e-gold kita (USD). Proses pencairannya juga sama, karena kita tingal menjual e-gold kita ke pedagang tersebut. Atau cara pencairan lain adalah dengan menggunakan debit card e-forexgold.com (terkena biaya
50  USD),  dan  dengan  card  e-forexgold  tersebut  kita  tinggal  mencairkan  melalui  mesin

ATM    berlogo    mastercard,    maestro    dan    cirrus    (ATM    BCA,    dsb).



Sepertinya masih banyak payment gateway lain selain diatas, hanya saya lihat secara fitur dan  popularitas  masih  di  bawah  delapan  payment  gateway  diatas.  Sebagai  kesimpulan sementara,   untuk    Indonesia   dengan   bisnis   skala   kecil   dan   menengah   sepertinya
2checkout.com cukup bisa menjadi solusi dalam payment gateway. Saya sendiri berharap bahwa  PayPal  bisa  masuk  ke  Indonesia  Sebelum  pulang  ke  Indonesia  tahun  2004,  saya sempat mengirimkan permintaan supaya PayPal mau menerima kartu kredit Indonesia, tapi mereka belum approve karena masalah carding fraud di Indonesia yang tinggi.


Latihan Soal

1.   Apa yang dimaksud dengan teknologi transaksi online ?

2.   Jelaskan macam-macam teknologi pada transaksi online !

3.   Apa yang anda ketahui tentang e-gold ?
 
(Download Lebih Lengkap)

Tag :

One Response so far.

  1. The Geeks says:

    Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :) inspiratif..!!!

Leave a Reply